Logo Himi

Himpunan Mahasiswi (Himi) Persatuan Islam lahir sebagai bagian dari dinamika perjuangan Persis yang bertujuan mengamalkan syari’at Islam dalam segala aspek kehidupan. Kelahirannya dirasakan sangat tepat, sebab perjuangan mengamalkan syari’at Islam berdasarkan Quran dan as-Sunnah bias sempurna apabila seluruh komponen umat terlibat di dalamnya, termasuk para mahasiswa sebagai generasi muda intelektual.
Himi Persis didirikan pada tanggal 24 Maret 1996 di Cianjur dengan tujuan membentuk insan akademis, mujahid, revolusioner dan berkepribadian Islami menurut al-Quran dan as-Sunnah. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan berbagai usaha. Antara lain:
Himi Persis berusaha menghimpun dan mengembangkan potensi mahasiswa dalam upaya meningkatkan pembinaan mahasiswa dan masyarakat.
Membimbing, membina dan menggerakkan anggota guna meningkatkan fungsi Himi Persis sebagai organisasi kader bagi masyarakat.
Berperan secara aktif, kreatif, konstruktif dan inovatif dalam mengembangkan pemikiran keagamaan, ilmu pengethuan dan teknologi bagi kemaslahatan umat.
Menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi dan instansi.
Mengamalkan segala usaha yang selaras dengan tujuan organisasi.
Organisasi otonom Himi Persis memiliki perbedaan dalam struktur organisasi otonom lainnya di lingkungan Jam’iyyah Persis, yakni adanya susunan pimpinan organisasi mulai dari Pimpinan Pusat yang merupakan Penyelenggara organisasi tertinggi, coordinator wilayah untuk mengoordinir Jaringan Madinah (sekarang: Pimpinan Daerah) yang berada di bawahnya
Jaringan Madinah (Pimpinan Derah) merupakan pembantu Koordinator Wilayah yang dibentuk untuk memimpin dan mengoordinir komisariat-komisariat yang ada di kota atau kabupaten, dan komisariat yakni pimpinan yang dibentuk untuk memimpin dan mengoordinir mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi masing-masing. Para pimpinan organisasi berhak mengatur dan memimpin organisasi dengan tingkatan dan wewenangnya.
Bersamaan dengan didirikannya Himi Persis, didirikan pula Hima (Himpunan Mahasiswa) Persatuan Islam yang tujuan dan usahanya sama dengan Himi Persatuan Islam, sehingga mereka dapat bekerja kolektif disesuaikan dengan karakter mahasiswa dan mahasiswi.

SEJARAH HIMI PERSIS

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *