Shalat-Rawatib-Sesudah-Maghrib-di-ajaran-islam

KEPUTUSAN DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM
No. 012 Tahun 1437 H. / 2016 M.
Tentang:
MENJAMAK SALAT ASHAR DENGAN SALAT JUMAT
بسم الله الرحمن الرحيم
Dewan Hisbah Persatuan Islam Pada Sidang Lengkap, di gedung H2QM Pesantren Persis Ciganitri, Kabupaten Bandung tanggal 28-29 Rabi’ul Awwal 1438 H/ 28-29 Desember 2016 M setelah:
MENIMBANG:
1. Perbedaan kaifiyat yang dipraktikan umat terkait menjama’ Ashar dengan Jumat
2. Terdapat perbedaan pemahaman dikalangan para ulama terkait boleh tidaknya menjama’ salat Ashar dengan Jumat.
3. Tidak ada dalil menjama’ salat Ashar dengan salat Jumat
4. Terdapat dalil salat Ashar di waktu Zuhur.
5. Dewan Hisbah merasa perlu untuk menjawab persoalan tersebut
MENGINGAT:
1. Al-Quran
فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا [النساء: 103]
Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (QS an-Nisa’ : 103)
2. Hadis
فَأَجَازَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى أَتَى عَرَفَةَ فَوَجَدَ الْقُبَّةَ قَدْ ضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ فَنَزَلَ بِهَا حَتَّى إِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ أَمَرَ بِالْقَصْوَاءِ فَرُحِلَتْ لَهُ فَأَتَى بَطْنَ الْوَادِي فَخَطَبَ النَّاسَ …ثُمَّ أَقَامَ فَصَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ أَقَامَ فَصَلَّى الْعَصْرَ وَلَمْ يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شَيْئًا…
… Selanjutnya beliau berangkat hingga sampai di Arafah, maka beliau menemukan tenda yang telah dibangun untuknya di Namirah, kemudian beliau singgah di Namirah, sehingga tatkala tergelincir matahari, beliau menyuruh dibawakan Qaswa (unta beliau), kemudian unta itu diserahkan padanya. Selanjutnya beliau sampai di lembah, terus beliau memberi khutbah pada orang-orang…(kemudian dikumandangkan adzan) selanjutnya iqamat, terus beliau salat Zuhur, kemudian iqamat, dan terus salat Ashar, serta beliau tidak salat apapun di antara kedua salat itu.” (HR. Muslim, Shahih Muslim, II: 886)
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: ” جَمَعَ النَّبِيُّ ص بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ بِالْمَدِينَةِ، فِي غَيْرِ سَفَرٍ وَلَا خَوْفٍ ” قَالَ: قُلْتُ: يَا أَبَا الْعَبَّاسِ، وَلِمَ فَعَلَ ذَلِكَ؟ قَالَ: أَرَادَ أَنْ لَا يُحْرِجَ أَحَدًا مِنْ أُمَّتِهِ
Dari Ibn Abbas berkata : “Nabi saw menjama’ antara shalat Zhuhur dan shalat Ashar tidak dalam keadaan safar atau ketakutan”. Ibnu Abbas ditanya : “Kenapa beliau lakukan seperti itu ?”Ibn Abbas menjawab “(karena) Beliau tidak ingin memberatkan seseorang dari ummatnya”. (HR. Ahmad, Musnad Ahmad III:421; Muslim, Shahih Muslim I:49; Abu Dawud, Sunan Abi Daud II:6; At-Tirmidzi, Sunan At-Tirmidzi I:258; An-Nasaa’i, Sunan An-Nasa’i I:290; Al-Bazzar, Musnad Al-Bazzar XI:58; Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibnu Khuzaimah II:85; Ibnu Hibban, Shahih Ibnu Hibban IV:471; Ibnu Abi Syaibah, Mushannaf Ibnu Abi Syaibah II:220; At-Thabrani, Mu’jamul Al-Aushath V:113, Mu’jamul Al-Kabiir X:326 dan Al-Baihaqi, As-Sunan Al-Kubra III:237)
عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: ” جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِجَمْعٍ، صَلَّى الْمَغْرِبَ ثَلَاثًا، وَالْعِشَاءَ رَكْعَتَيْنِ بِإِقَامَةٍ وَاحِدَةٍ ”
Nabi saw mwnjama’ antara shalat Maghrib dan Isya’ di Muzdalifah, beliau shalat Maghrib 3 rak’at dan shalat Isya’ 2 rak’at dengan satu kali iqamat. (HR. Muslim, Shahih Muslim II:937; Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari II:164; Ahmad, Musnad Ahmad VIII:496; Ad-Darimi, Sunan Ad-Darimi II:950; Abu Dawud, Sunan Abi Daud II:186; At-Tirmidzi, Sunan At-Tirmidzi III:226; An-Nasaa’i, Sunan An-Nasa’i II:16; Al-Bazzar, Musnad Al-Bazzar VII:28; Abu Ya’la, Musnad Abi Ya’la X:19; Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibnu Khuzaimah IV:267; Ibnu Hibban, Shahih Ibnu Hibban IX:171; Abu ‘Awanah, Mustakhraj Abi ‘Awwanah II:379; At-Thabrani, Mu’jamul Kabiir IV:123 dan Al-Baihaqi, As-Sunan Al-Kubra I:589)
عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اَللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِرْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ اَلشَّمْسُ أَخَّرَ اَلظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ اَلْعَصْرِ, ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا, فَإِنْ زَاغَتْ اَلشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى اَلظُّهْرَ, ثُمَّ رَكِبَ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
Dari Anas, ia berkata, “Rasulullah Saw. apabila berangkat dalam safarnya sebelum tergelincir matahari, beliau akhirkan Zuhur hingga waktu Ashar, kemudian beliau singgah dan menjamak keduanya. Jika mahahari sudah tergelincir sebelum berangkat, beliau salat Zuhur kemudian berangkat.” (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari II:47, Muslim, Shahih Muslim I: 489, Ahmad, Musnad Ahmad IV: 632, 676, Abu Daud, Sunan Abi Daud II: 452, An-Nasa’i, Sunan An-Nasai I: 321, 325, As-Sunan Al-Kubra I: 497, 589, At-Thabrani, Al-Mu’jam Al-Ausath VIII: 80,Ad-Daraquthni, Sunan Ad-Daraquthni I : 376, Al-Baihaqi, As-Sunan Al-Kubra III: 230, Abu Ya’la Al-Mushili, Musnad Abi Ya’la Al-Mushili III: 276, Ibnu hibban, Shahih Ibnu Hibban IV: 463, Abu ‘Awwanah, Mustakhraj Abi Awwanah II: 80)
عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَجْمَعَ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ فِي السَّفَرِ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَدْخُلَ أَوَّلَ وَقْتِ الْعَصْرِ ثُمَّ يَجْمَعُ بَيْنَهُمَا. رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari Anas, ia berkata, ”Nabi saw. itu apabila hendak menjamak antara dua salat pada waktu safar, maka beliau mengakhirkan Zhuhur hingga masuk awal waktu Ashar kemudian menjamak keduanya.” (HR. Muslim, Shahih Muslim I: 489, Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibnu Khuzaimah I: 479, Ibnu Hibban, Shahih Ibnu Hibban IV: 309, Ad-Daraquthni, Sunan Ad-Daraquthni I: 376, 236, Al-Baihaqi, As-Sunan As-Shaghir I : 227, 228, As-Sunan Al-Kubra III: 230, 231, Abu ‘Awwanah, Mustakhraj Abi Awwanah II: 79)
3. Kaidah
اَلأَصْلُ فِي اْلعِبَادَاتِ اَلتَّحْرِيْمُ
Asal dalam ibadah adalah haram
اَلأَصْلُ فِي اْلعِبَادَاتِ اَلْحَظْرُ اِلاَّ بِنَصٍّ
Asal dalam ibadah adalah terlarang kecuali ada nash

لاَ قِيَاسَ فِي اْلعِبَادَةِ
Tidak ada qiyas dalam ibadah
MEMPERHATIKAN:
1. Sambutan dan pengantar dari Ketua Umum PP. Persis KH. Aceng Zakaria yang menyarankan segera diputuskan masalah hukum tentang ‘Jama’ Salat Ashar dengan Salat Jumat’, dan untuk segera disosialisasikan.
2. Sambutan dan pengarahan dari Ketua Dewan Hisbah KH. Muhammad Romli.
3. Pemaparan dan pembahasan makalah tentang ‘Jama’ Salat Ashar dengan Salat Jumat’ yang disampaikan oleh K.H. Dailami.
4. Pandangan para peserta Sidang Dewan Hisbah terkait dalil, wajh al-dilalah, metode istinbat dan kesimpulan hukum makalah ‘Jama’ Salat Ashar dengan Salat Jumat’.
Atas dasar semua konsideran di atas, maka dengan bertawakkal kepada Allah, Dewan Hisbah Persatuan Islam
MENGISTINBATH:
1. Menjama’ salat Ashar dan salat Jum’at tidak disyariatkan
2. Bagi musafir melaksanakan salat Ashar di waktu Zuhur diperbolehkan
Demikian Keputusan Dewan Hisbah mengenai masalah tersebut dengan makalah terlampir.
الله يأخذ بأيدينا الى ما فيه خير للإسلام و المسلمين
Bandung, 28 Rabi’ul Awwal 1438 H/ 28 Desember 2016 M.

MENJAMAK SALAT ASHAR DENGAN SALAT JUMAT

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *