IMG-20161106-WA0005

PIMPINAN WILAYAH
PERSATUAN ISLAM JAWA BARAT

PERNYATAAN SIKAP
Nomor : 13/I.5-C.3/H.01/2017

بسم الله الرحمن الرحيم

Menyikapi kejadian di beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat dan beberapa Propinsi lainnya di Indonesia yang terjadi akhir-akhir ini, yaitu :

  1. Terjadinya peristiwa pelecehan dan penyerangan terhadap ulama dan kaum muslim di Polda Jawa Barat dan sekitar Jl. Soekarno Hatta, yang berakibat meluas di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Barat, seperti : di Bekasi, Bogor, Tasikmalaya dan beberapa daerah lainnya.
  2. Penghadangan terhadap Wakil Sekjen MUI Pusat di Kalimantan Barat dan beberapa tempat lainnya.
  3. Upaya pemutarbalikan fakta yang dilakukan oleh berbagai pihak terhadap ummat Islam. Serta ada kelompok tertentu yang ingin membuat jarak dan menebar kebencian terhadap Islam dengan mempertentangkan anatara Islam dan Pancasila serta prinsip dan budaya yang ada di masyarakat Indonesia.

Maka dengan ini kami menyampaikan sikap sebagai berikut :

  1. Islam dan ummat Islam Indonesia sangat berperan besar dalam pembentukan dan pembangunan, serta dalam penjagaan dan pengawalan keutuhan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Mengecam tindakan anarkhis yang telah mengganggu kondusivitas kehidupan masyarakat Jawa Barat, dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.
  3. Meminta kepada Gubernur Jawa Barat bersama-sama unsur Forkopimda beserta ulama dan tokoh-tokoh yang lain, untuk bersikap pro aktif merespon dan ikut mencegah hal yang dapat menimbulkan gangguan keamanan.
    Keberpihakan aparat keamanan, Polri juga TNI harus netral dan berkeadilan, lebih bersikap bijak serta melayani dan mengayomi dalam menghadapi masalah. Dan juga tidak membuat nuansa adu domba di antara masyarakat.
  4. Meminta kepada yang berwenang untuk melakukan upaya penegakan hukum serta mengusut tuntas, tehadap pelaku tindakan anarkhis tersebut.
  5. Kepada pihak media massa kami meminta agar akurat dan seimbang dalam menyajikan pemberitaan.
  6. Kepada seluruh ummat Islam agar merapatkan barisan dan jangan terpancing berbuat hal yang serupa yang dapat merugikan semua pihak. Serta tetap menggelorakan semangat jihad dalam konteks dakwah amar ma’ruf nahyi munkar yang berujung pada penegakan kalimatullah di muka bumi ini.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan. Semoga Allah swt senantiasa memberikan rahmat, keberkahan dan perlidungan-Nya kepada kita semua. Aamiin.

الله يأخذ بأيدينا إلي ما فيه خير للإسلام والمسلمين

Ketua
Iman Setiawan Latief

Sekretaris
Edi Surahman

PERNYATAAN SIKAP PW. PERSIS PROPINSI JAWA BARAT TENTANG PENYERANGAN ULAMA

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *